WASRIK RUTIN ITWASUM POLRI DI POLDA JATIM

7 November 2019 pukul 04.32

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengikuti kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan Rutin Itwasum Polri yang Dilaksanakan oleh Inspektorat Wilayah I Tahun 2019 Tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian, 26 Agustus-4 September 2019.

Sementara Taklimat Awal kegiatan tersebut disampaikan langsung oleh Irwasum Polri Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, pada Senin pagi, 26 Agustus 2019, dan dihadiri oleh Wakapolda jatim, Irwil I Itwasum Polri, Pejabat Utama Polda Jatim, kapolres jajaran Polda Jatim ,dan Tim Wasrik.

Selanjutnya, Irwasum Polri mengingatkan, bahwa akuntabilitas Polri bukan hanya menjadi kewajiban pengelola keuangan negara, melainkan suatu budaya yang harus dibangun secara bersama (accountability for all). Sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), imbuhnya, Itwasum Polri dan Itwasda diharapkan berperan secara optimal dan konsisten dalam mengawasi pengelolaan keuangan dan barang milik negara serta operasional Polri, agar lebih akuntabel, transparan, dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun sasaran kegiatan Wasrik Itwasum Polri Tahun 2019 Tahap II Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian adalah sebagai berikut:

  1.  Pertanggungjawaban keuangan dan dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah yang belum di-Wasrik Itwasum Polri tahun 2018.
  2. Pelaksanaan program kegiatan dan capaian kinerja Satker tahun 2019.
  3. Pelaksanaan tugas dan fungsi (Tusi) satuan kerja.
  4. Temuan berulang dari hasil Wasrik internal Itwasum Polri dan eksternal BPK RI.
  5. Pelaksanaan kegiatan dan anggaran yang bersumber dari non-DIPA

Selain itu, di hari yang sama, Irwasum Polri juga berkesempatan memberikan pengarahan tentang mekanisme penanganan pengaduan masyarakat (Dumas) kepada personel jajaran Polda Jatim. Menurut Komjen Pol Moechgiyarto, hal itu dilakukan untuk menyatukan persepsi antarempat fungsi, yaitu fungsi siwas, reskrim, propam, dan subbagkum, terhadap mekanisme penanganan Dumas. Karena menurutnya, salah satu fungsi Itwasum Polri adalah sebagai koordinator pengawasan dan penanganan terhadap Dumas.